Selasa, 23 April 2019

Apa Kesulitan Besar Mendefinisikan Perusahaan Sosial?


Bukan rahasia lagi. Ketika sampai pada mendefinisikan perusahaan sosial, banyak hal dapat membingungkan dengan cepat.

Sebagai permulaan, apakah kita berbicara tentang mega nirlaba yang telah ada selama 100 tahun, seperti Goodwill? Atau sebuah teknologi baru yang mulai menjual bola sepak yang mengubah hidup yang dapat menghasilkan energi untuk seluruh desa? Bagaimana dengan kedai kopi di sudut yang hanya sumbernya diperdagangkan secara adil, biji kopi bebas pestisida dan menyumbangkan keuntungan untuk amal lokal?
 Mendefinisikan Perusahaan Sosial
 Mendefinisikan Perusahaan Sosial

Jawabannya adalah: Ya, Ya, dan Ya - perusahaan sosial bisa menjadi yang di atas.

Dua Potongan yang Diperlukan untuk Puzzle

Ada banyak bolak-balik baru-baru ini tentang definisi perusahaan sosial. Dan memang demikian. Misalnya, jika baik organisasi nirlaba dan bisnis nirlaba dapat disebut perusahaan sosial, apakah itu berarti usaha apa pun dengan nilai sosial memenuhi syarat? (Tidak.) Dan bukankah itu terlalu meremehkan tentang perubahan sosial itu dan menjadikan istilah itu tidak berarti? (Iya nih)

Yang benar adalah, ada dua keping puzzle yang harus ada agar labelnya pas.

Bagian # 1: Ada misi sosial dan / atau lingkungan pada inti dari apa yang dilakukan organisasi atau bisnis. Dampak sosial diprioritaskan sebanyak pengembalian ekonomi - pada kenyataannya, menyelesaikan masalah sosial adalah alasan keberadaan organisasi itu. Itulah "MENGAPA" dari bisnis ini.

Bagian # 2: Suatu layanan atau produk dijual untuk mendapatkan keuntungan guna mempertahankan pekerjaan dan memajukan misi sosial. Itulah "BAGAIMANA" dari bisnis ini.

Kata rumit "sosial" - dan bahaya pencucian sosial

Mungkin sekarang Anda bisa mulai melihat apa masalahnya. Memiliki definisi yang tegas namun fleksibel memperjelas apa itu social enterprise dan menyisakan ruang untuk variasi yang mencengangkan dari mereka untuk tumbuh.

Penggunaan kata "sosial" berkontribusi pada beberapa kebingungan. Bayangkan sebuah organisasi nirlaba yang menawarkan pelatihan kejuruan bagi penyandang cacat - tetapi hanya bergantung pada sumbangan dan hibah untuk melakukannya. Nirlaba itu pasti melayani misi sosial. Tetapi ini bukan perusahaan sosial karena tidak ada layanan atau produk yang dijual dengan harga untuk mempertahankan upaya mereka.

 Mendefinisikan Perusahaan Sosial
 Mendefinisikan Perusahaan Sosial
Dan bagaimana dengan bisnis tradisional seperti Target menyumbangkan 5 persen dari keuntungan untuk inisiatif lingkungan atau pendidikan? Sekali lagi, kita semua melihat perusahaan mengakui dampak sosial dan lingkungannya. Tapi Target ada untuk menjadi pengecer kotak besar yang menguntungkan. Mereka ingin menjual pakaian, mainan, dan hal-hal menyenangkan dari tempat dolar - bukan untuk dampak sosial, tetapi untuk memaksimalkan pengembalian bagi pemegang saham.

Dan itu membawa kita ke "SIAPA."

Memilih model bisnis yang tepat untuk perusahaan sosial Anda

Mendefinisikan perusahaan sosial membawa kejelasan tentang siapa yang sebenarnya diuntungkan. "Siapa" dari perusahaan sosial biasanya muncul dalam salah satu cara berikut:

Mempekerjakan praktik - sengaja merekrut orang-orang yang terkait dengan misi sosial Anda.
Sumber yang sadar - ingat kedai kopi sudut setempat itu? Ia menangkap siapa yang memastikan bahwa buncisnya dipanen oleh petani dengan kondisi kerja yang adil dan kompensasi.
Produk atau layanan aktual - pikirkan kembali bola sepak itu. Ini dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi keluarga yang membutuhkan cahaya yang siap dan andal untuk membaca, memasak, dan bermain.
Pembagian keuntungan - keuntungan dari produk atau layanan itu dibagikan dengan organisasi, komunitas, dan orang yang Anda sayangi.
Apa yang menarik adalah bahwa aspek-aspek ini menyempurnakan definisi tetapi meninggalkan banyak ruang untuk cara perusahaan sosial dapat mengatur dan beroperasi.
Menuju ekonomi yang digerakkan oleh misi

ang benar adalah kita peduli tentang mendefinisikan perusahaan sosial karena kita percaya ini lebih dari sekadar mengubah satu organisasi. Ini tentang menikahi apa yang terbaik dalam penyebab sosial dan lingkungan dengan apa yang terbaik dalam bisnis.

Mendukung usaha sosial adalah bagian dari perubahan dari pasar dengan hanya nilai-nilai keuangan pada intinya menjadi pasar yang menciptakan manfaat sosial, lingkungan, dan ekonomi untuk semua.

Itu berarti perusahaan sosial bukan hanya bisnis seperti biasa. (Dan itu masalah besar!)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, Silahkan berkomentar dengan bijak. Komentar Spam dan/atau berisi link aktif, tidak akan ditampilkan. Tks.