Selasa, 23 April 2019

Pewarna & Pigmen Dijelaskan Dengan Detail tentang Pigmen untuk Cat


Perjalanan mereka telah lama dimulai dengan penelitian untuk merancang berbagai warna dan bentuk yang akan bertindak sebagai pewarna untuk plastik, tekstil, tinta dan percetakan, cat dan setiap aspek yang mungkin dalam kehidupan kita sehari-hari.

Namun, pewarna dan pigmen masih cukup sering membingungkan, dengan satu digunakan sebagai pengganti yang lain. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada kelarutannya. Pigmen tidak larut dalam cairan yang dicampur. Pigmen harus digunakan sebagai bubuk halus dan dicampur dalam pengikat cair. Di sisi lain pewarna adalah zat yang memberi warna yang larut dalam cairan yang dicampur. Pigmen adalah organik dan anorganik yang keduanya diperoleh secara alami atau diproduksi secara sintetis.

Beberapa pigmen organik yang diproduksi secara sintetis adalah pigmen azo yang meliputi warna kuning, merah dan oranye, phthalocyanine yang mencakup kisaran hijau dan biru, quinacridone yang mencakup pigmen violet-red yang cepat dan sebagainya. Pigmen bersumber alami anorganik adalah ochres, umbers, siennas dan sintetis termasuk biru kobalt, kadmium oranye / merah / kuning dan titanium putih. Pigmen danau sebenarnya adalah pewarna yang tidak memiliki sifat kelarutan untuk pengencer cairan tertentu. Asam hitam dan asam merah adalah beberapa contoh pewarna.
Pigmen untuk Cat
Pigmen untuk Cat

Dalam konteks pigmen untuk cat, fitur cat seperti kekuatan pewarnaannya, tahan luntur cahaya, transparansi / opacity dan warna tergantung pada jenis pigmen yang digunakan di dalamnya. Mari kita lihat bagaimana masing-masing atribut cat ditentukan oleh jenis pigmen yang digunakan. Sejauh pewarnaan berlangsung, jumlah pigmen dan ketipisan gilingannya akan menentukan kekuatan pewarnaan cat. Semakin besar kekuatan pewarnaan cat akan lebih lama konservasi warnanya dengan mencampurnya dengan warna putih. Keburaman atau transparansi pigmen akan terlihat hanya dengan tidak adanya pemanjang yang buram dalam cat. Perbedaan dalam cat berwarna ini dapat dilihat melalui ketebalan lapisan yang rata. Di bawah indeks Warna, setiap pigmen diberi nomor pigmen di samping namanya. Sebagai contoh, PY35 mengacu pada Cadmium yellow sebagai PY singkatan pigmen kuning dan angka mengacu pada Cadmium.

Persyaratan untuk pemenuhan peraturan yang ketat telah memengaruhi formulasi cat yang mengarah pada pengembangan dan pengembangan teknik baru yang memenuhi tuntutan peraturan yang diberlakukan. Pigmen yang ramah lingkungan dan kurang berbahaya bagi kesehatan manusia telah ada. Semua yang dikatakan dan dilakukan peran mereka dalam industri cat tidak dapat disangkal lagi di zaman sekarang.

Sama seperti pigmen tertentu yang masih bersumber dari alam, ada ekstrak herbal tertentu yang diperoleh dari alam yang menempati tempat penting dalam industri obat dan makanan dan minuman. Produsen ekstrak herbal harus mematuhi pembatasan peraturan yang lebih ketat. Dan semua ekstrak herbal yang ada di pasaran saat ini memiliki standar setinggi mungkin!

Kelompok perusahaan Vipul meletakkan batu fondasinya pada tahun 1968, dimulai dengan pembuatan Pewarna Reaktif, Naphthols, Pewarna Makanan, basis warna cepat, garam warna cepat & zat warna intermediet.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, Silahkan berkomentar dengan bijak. Komentar Spam dan/atau berisi link aktif, tidak akan ditampilkan. Tks.